Selasa, 23 Agustus 2011

HISTORY TOUR to Mojokerto

lama nihh ga pernah ngurusin blog.. soalnya aku juga lagi sibuk buat ospek. maklumlah aku baru diterima di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya-ITS. jadi juga belum sempat buat posting-posting di blog.. sorry sebelumnya.. hehe.. ^^v
langsung aja ya.. ini aku posting perjalananku ke Mojokerto buat wisata sejarah.. aku mengunjungi beberapa candi loo.. bukan berarti karena sejarah, travelling jadi ga seru. malahan keren abis dan bikin penasaran..
Di mojokerto tepatnya di Trowulan aku mengunjungi beberapa candi peninggalan kerajaan majapahit. di awal kita memasuki komplek candi, kita disambut dengan kolam yang sangat besar yang kata legenda kolam tersebut digunakan untuk perlombaan pada saat kerajaan dulu, namun ada juga yang bilang kolam tersebut digunakan untuk pemandian.
Tempat pertama yang aku kunjungi adalah PENDOPO AGUNG TROWULAN
sekilas, tempat ini memang nggak ada apa-apanya hanya sebuah joglo yang luas yang digunakan banyak orang untuk beristirahat, makan, tidur-tiduran dan aktifitas santai lainnya. namun tidak hanya itu. jika kalian masuk lebih ke dalam di sana terdapat makam-makam para leluhur dari kerajaan majapahit. selain historical banget tapi juga mistis. mengingat pengaturan makamnya yang tidak beraturan dan kita harus melewati makam tersebut. di pendopo agung trowulan juga banyak pedagang yang menjajakan dagangannya. mulai dari penjual buku mewarnai untuk anak-anak, buku resep masakan ibu-ibu.. ^^ di pendopo itu juga aku mencoba satu kuliner yaitu  bakso jumbo. tidak ada bedanya dari bakso-bakso lainnya. namun, yang satu ini ukurannya gedhe banget.. puas dehh.. rasanya juga lumayan enak.. berikut dokumentasiku di pendopo agung trowulan..

 foto pintu gerbang pendopo agung trowulan bersama keluargaku
atas dari kiri: budheku dan pakdheku
bawah dari kiri: rayhan (anak tetanggaku tapi sudah seperti adik sendiri), my aunt

 tugu yang berisi tanda tangan pengesahan dari para jendral

 diriku dan tugu gajah mada di Pendopo Agung Trowulan

 diriku di pintu gerbang makam para leluhur kerajaan majapahit


tempat kedua yang aku kunjungi adalah CANDI TIKUS
candi ini cukup terkenal di sejarah. dan paling banyak disebutkan di sejarah.. kenapa candi ini disebut candi tikus?? karena pada saat penggalian situs ini banyak tikus yang keluar dari candi ini.an para warga sepakat untuk memberikan nama candi tikus pada situs peninggalan sejarah ini. candi tikus ini dulunya digunakan sebagai pemandian. di candi ini tidak hanya sebuah candi tapi di sana juga terdapat taman yang tertata apik dan asik buat tempat beristirahat. namun sayang taman ini disalah gunakan menjadi tempat anak-anak muda pacaran, wisata ini kan adalah wisata sejarah untuk keluarga atau para pelajar. jika situs ini dirusak dengan moral susila yang tidak benar kan tidak menjadikan situs ini menjadi situs yanng historical lagi. seharusnya peraturan di sana lebih diperketat lagi. berikut adalah dokumentasiku di Candi Tikus..
 diriku berpotret di atas candi tikus yang berada di bawah tanah. sayang para pengunjung tidak diperbolehkan untuk turun ke bawah.

 diriku berpotret di taman yang berada di Candi Tikus. salah satu hiasan taman yang digunakan adalah gerbang ini yangn dihiasi dengan tanaman merambat. so beautiful..

 foto Candi Tikus yang dibawahnya masih terdapat air seperti kolam. dan dalam kolamnya terdapat beberapa ikan

 tulisan Candi Tikus yang dibuat apik memanfaatkan tumbuhan.. so natural..

sampai disini dulu ulasan wisata sejarahku ke Trowulan. semoga bisa jadi referansi kalian berwisata.. salam travelling.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar